SERANGAN UMUM 1 MARET 1949

SERANGAN UMUM 1 MARET 1949

http://fadlie.web.id/wp-content/uploads/sekutu-00b.jpg

Tulisan Sdr. H. Soewarno Darsoprajitno: “Sumpah Pemuda juga menjiwai Serangan Umum 1 Maret 1949” (PR, 3 Maret 1977) menimbulkan keinginan tahu saya yang sudah lama terpendam untuk mencari bandingan data atas makalah Prof. George Mc.T Kahin:”Some Recollections and Reflections on the Indonesian Revolution” yang dipaparkannya dalam suatu seminar internasional di Jakarta oleh LIPI, tanaggal 11 – 14 Juli 1995, dan diangkat kembali oleh Soebadio Sastrosatomo dalam buku yang ditulis oleh Rosihan Anwar:”Pengemban Misi Politik”.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/9/9f/GeorgeKahin.jpg/225px-GeorgeKahin.jpgPakar sejarah yang menyaksikan sendiri banyak peristiwa revolusi Indonesia itu mengungkapkan pengalamannya ketika menginap di Hotel Merdeka, Yogyakarta, pada tanggal 1 Januari 1949 terjadi serangan oleh tentara Indonesia ke jantung kota Yogyakarta bahkan hingga berhasil menyusup ke pintui belakang Hotel Merdeka yang menjadi markas banyak pejabat senior Belanda, untuk memasang dinamit pada tembok samping hotel, sebelum akhirnya dipukul mundur.

Serangan yang saangat heroik, berani dan taktis itu dinilai mampu menggoncangkan moral Belanda dan meningkatkan semangat juang tentara Indonesia.

Menurut komandan regu pemasangan dinamit yang berhasil ditemuinya sebulan setelah kejadian, para penyerang terdiri dari kesatuan Mobrig Polisi dan dari Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS).

Ada persamaan antara paparan George Mc.T. Kahin itu dengan tulisan H. Soewarno Darsoprajitno di bidang: (1) kejadian; (2) pelaku kejadian; (3) tempat kejadian, dan (4) pengalaman pribadi.

Yang berbeda hanyalah waktu kejadian berlangsung, antara 9 Januari (Kahin) dan 1 Maret 1949 (H. Soewarno), dan keterlibatan KRIS. Bahwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yang dipimpin oleh Komandan WK-III Letkol. Soeharto adalah fakta sejarah, sudah diakui oleh berbagai pihak termasuk oleh Belanda sendiri (kawat Hoge Vertegenwoordiger van de Kroon Belanda di Jakarta: Beel, kepada Menteri Daerah Seberang Lautan Kerajaan Belanda: Maarseveen, No. 2830).

Apakah Prof. Kahin “ingatannya sudah kurang jernih” (meminjam ucapan alm. Prof. Nugroho Notosusanto terhadap alm. Bung Hatta tentang hari lahir Pancasila-Dasar Negara) ? Saya berpendapat: Tidak, mengingat pada saat itu ia masih produktif menulis dan sering berbicara dalam forum ilmiah di berbagai negara.

Apakah Sdr. H. Soewarno khilaf dalam menetapkan tanggal kejadian ? Jawabannya sangat kami harapkan dari beliau sendiri. Apakah peristiwa penyerangan oleh Mobrig Polisi itu terjadi berulang, baik pada 9 Januari (bersama KRIS) maupun pada 1 Maret (tanpa KRIS) ? Mungkin Sdr. H. Soewarno pun bisa mengungkapkannya. Mengapa pula peristiwa penyerangan 9 Januari 1949 itu terlupakan begitu saja dalam blantika sejarah Indonesia saat ini ?

Menurut pendapat saya dari analisis urutan waktu, peristiwa 9 Januari itu pun tak kalah pentingnya, bukan hanya ke dalam (sebagaimana pendapat Prof. Kahin: meningkatkan semangat perjuangan tentara Indonesia), melainkan juga ke luar, pada perdebatan di Dewan Keamanan PBB.

Peristiwa itu terjadi di antara waktu aksi militer II Belanda pada 19 Desember 1948 dan terbitnya resolusi Dewan Keamanan PBB tanggal 28 Januari 1949, yang memerintahkan Belanda segera meneyerahkan kedaulatan kepada Indonesia, sebelum 1 Januari 1950.

—ooo—

dimuat di Pikiran Rakyat, Bandung, 12 Maret 1997.

Image properties:

1.  http://fadlie.web.id/wp-content/uploads/sekutu-00b.jpg

2.http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/9/9f/GeorgeKahin.jpg/225px-GeorgeKahin.jpg

3.  http://kepustakaan-presiden.pnri.go.id/uploaded_files/jpg/digital_photos/thumb/thumbSUHARTO_GMA_0095.JPG

4.http://pusatbahasa.depdiknas.go.id/lamanv3/sites/default/files/imagecache/Tokoh_Thumbnail_Besar/nugroho%20notosusanto.jpg

About these ads
By Djaka Rubijanto Posted in Opini

6 comments on “SERANGAN UMUM 1 MARET 1949

  1. JAWABAN TENTANG
    SERANGAN UMUM 1 MARET

    Memenuhi permintaan Yth. Sdr. Djaka Rubijanto mengenai “Serangan Umum 1 Maret 1949” yang dimuat dalam rubrik Surat Pembaca 12 Maret 1997, berikut ini saya sampaikan jawabannya.

    Penyerbuan yang dilakukan oleh Kompi Mobile Brigade Polisi Negara bersama anggota Brigade XVI KRIS (Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi), tanggal 9 Januari 1949 malam ke Hotel Merdeka dari pintu belakang, merupakan bagian dari Serangan Umum (S.U) yang kedua. Pada S.U ini, penulis tidak ikut, karena masih bertugas sebagai kurir dan pengamat kegiatan Tentara Belanda yang akan dijadikan sasaran serangan.

    Sementara itu pada permulaan Februari 1949, penulis dimasukkan ke pasukan tempur dengan tugas serangan ke pertahanan Tentara Belanda yang ada di luar kota. Serangan Umum 1 Maret 1949, merupakan S.U ke empat, dan sesudah itu penulis tidak pernah lagi bertugas ke kota, karena waktu ikut S.U 1 Maret bertemu seorang teman ternyata menjadi mata-mata Belanda.

    S.U berikutnya yaitu S.U ke lima merupakan pertempuran “gila-gilaan”, karena Kompi Mobrig bersama Kompi dari Batalyon 151 TNI, semangatnya ada di atas angin.
    S.U ke lima ini berlangsung hampir satu hari hingga Belanda sulit mendatangkan bala bantuan, sebab di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta terjadi pertempuran.

    Sekian dan atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih

    Wassalam

    H. Soewarno Darsoprajitno
    Gamelan 5, Bandung 40204.

    • Terimakasih pak H.Soewarno Darsoprajitno atas penjelasannya.
      Berkaitan dengan Resolusi Dewan keamanan PBB tanggal 28 Januari 1949, agaknya SU kedua tanggal 9 Januari 1949 berpengaruh besar terhadap terbitnya resolusi tersebut. SU keempat baru terjadi tanggal 1 Maret 1949.

      Salam.

      -djr-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s